Terjemahan

AmpenanNews. Kejadian dan Parameter Gempabumi pada hari Minggu, 08 Desember 2019 pukul 20:58:07 WITA, wilayah Sumbawa Barat dan Lombok Timur diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 8,47 LS dan 116,89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 3 km barat daya Pulaupanjang, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 12 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Sedangkan dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat, Gempabumi ini dirasakan di daerah Sumbawa Barat III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)dan Lombok Timur II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga :  684 Kejadian Gempabumi di Provinsi NTB selama Bulan April 2022

Gempabumi Susulan hingga pukul 21:30 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan.

” Rekomendasi Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG ” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si. melalui rilisnya. Anr


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments