Dusun Mekarsari Desa Batu Putih Pusat Pengerajin Kulit Kerang Di Pulau Lombok

AmpenanNews. Daerah Sekotong, selain memberikan pesona panorama alam terutama alam bawah laut sehingga sekotong lebih dikenal sebagai penghasil Budidaya Mutiara.

Para wisatawan baik lokal maupun mancanegara sudah banyak yang terkagum dengan daerah ini.

Berwisata ke ujung barat selatan pulau lombok tepatnya Dusun Mekarsari Desa Batu Putih kecamatan sekotong merupakan salah pusat kerajinan kulit kerang mutiara dipulau lombok, kulit kerang yang diolah oleh para pengerajinnya diukir dengan beraneka ragam coraknya dan bentuknya.

Para pengerajin Dusun Mekarsari memanfaatkan hasil laut terutama limbah kulit kerang yang berasal dari budidaya kelompok maupun perusahaan.

Memiliki ciri khas yang sangat beragam, para pengerajin dapat menjadikan limbah kulit kerang menjadi Pin, mainan kunci hingga replika bangunan khas Suku Sasak. Para wisatawan juga bisa memesan secara langsung ke pengerajin sesuai dengan keinginannya.

Pengolahan limbah kulit kerang tersebut justru terkenal didaerah luar pulau lombok bahkan sampai mancanegara karena dipasarkan oleh pihak ke tiga sebagai rekanan.

“Kami sebagai pengerajin agak kesulitan memasarkan hasil produk di daerah sendiri, justeru produk kerajinan kulit kerang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara ” tutur Pak Burhan salah satu pengerajin kulit kerang sambil memperlihatkan hasil kerajinan yang sudah siap di pasarkan. An002.

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close