Terjemahan

Ampenan News. Untuk meningkatkan semangat kerja para Aparatur Sipil Negara (ASN), Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah meminta seluruh ASN merubah cara pandangnya dalam bekerja.

“Mari dalam bekerja, kita menggeser paradigma kita dalam bekerja, dari mengabdi, menjadi mengabdi dan berkontribusi,” kata Zudan yang ternyata juga merupakan Ketua Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Pusat.

Jadi, imbuhnya, saat di penghujung masa kerja, seorang ASN tidak saja bisa menyebutkan dengan bangga berapa lama masa pengabdiannya, namun apa yang telah dikontribusikannya bagi bangsa dan negara.

Hal tersebut ditegaskan Zudan saat membuka acara Outbound seluruh ASN Dinas Dukcapil se-Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Bumi Perkemahan Khasri Desa Sesaot Narmada Lombok Barat, Sabtu (9/11/2019).

Zudan mengingatkan para ASN agar mengedepankan aspek pelayanan dengan penuh pengabdian dalam bekerja serta selalu memberikan jalan keluar dari permasalahan administrasi kependudukan yang ada di tengah masyarakat.

Baca Juga :  Pelonggaran, Destinasi Wisata di Lobar Kembali Ramai

“Tanamkan dalam hati kita, bahwa jiwa kita adalah melayani. Kita juga harus berorientasi pada solusi. Layani dan cari solusi,” pinta pria yang mengaku telah berkiprah selama 20 tahun dalam dunia birokrasi dengan tegas.

Seiring dengan semangat Hari Pahlawan Tahun 2019 yang mengusung tema “Aku Pahlawan Saat ini”, Zudan tidak segan-segan memuji ASN Dukcapil yang telah mengkontribusikan dirinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya bangga dengan apa yang telah diberikan oleh ASN kita. Mereka telah turun ke pelosok-pelosok, turun ke desa-desa, menyeberangi pulau-pulau terluar, dan bahkan naik ke puncak-puncak gunung hanya untuk memberi pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat,” tutur Zudan.

Di kesempatan itu juga, Zudan memberi apresiasi yang sangat tinggi atas penyelenggaraan Outbound yang digagas oleh Dinas Dukcapil Lombok Barat.

Baca Juga :  Gempabumi Tektonik Di Selatan Samudera Hindia

Menurutnya, kegiatan tersebut menghadirkan semangat dan saling empati dalam bekerja sehingga bisa memperkuat tugas ASN dalam menjalankan tugas. Ia mengaku baru kali ini diundang oleh Pemerintah Daerah untuk menghadiri acara outbound.

Di kesempatan terpisah, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dengan bangga mengaku bahwa acara outbound ini adalah yang pertama dilakukan oleh Dinas Dukcapil untuk tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Saya yakin kegiatan ini adalah yang pertama kali. Namun karena ini pertama, saya yakin akan ada yang kedua ketiga dan seterusnya. Karena kapasitasnya di tingkat provinsi, saya harap yang berikutnya bisa difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi,” pinta Fauzan Khalid.

Menurut Fauzan, kegiatan outbound ini adalah meniru kegiatan serupa yang sebelumnya pernah diselenggarakan oleh Perangkat Daerah lainnya.

“Karena materi yang akan diberikan pada acara ini sangat tepat, maka ini bisa menjadi motivasi untuk bisa memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat,” terang Fauzan Khalid.

Baca Juga :  "Wujudkan SDM yang Unggul" Tema Rakernis SDM 2020 Dibuka Kapolda NTB

Acara outbound ini sendiri awalnya hanya untuk para pegawai di Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat yang memiliki inisiatif, namun kemudian diikuti oleh 283 pegawai yang berdatangan dari 9 Kabupaten/ Kota lain se-Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain Dirjen Dukcapil dan Bupati Lombok Barat, hadir dalam outbound ini Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. Azhari, dan seluruh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/ Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Acara ini juga dirangkai dengan Lounching Dukcapil Go Digital dan Zero Waste.

Go Digital ini sendiri untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat telah berjalan sejak triwulan pertama tahun ini, sehingga banyak dokumen administrasi kependudukan telah ditanda tangani secara digital oleh para Kepala Dinas Dukcapil masing-masing Kabupaten/ Kota. Anr


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments