Terjemahan

Ampenan News. Para Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) Yogyakarta, yang tergabung dalam Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Gadjah Mada (Kafegama) Cabang Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar “Kafegama Academy” di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur’an, Bengkel Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat.

Sedangkan Ketua Harian KAFEGAMA Cabang NTB Supiandi, S.E., M.Ec. Dev., Jumat (8/11), dalam laporannya saat acara pembukaan menyampaikan, Kafegama Academy perdana itu akan berlangsung selama tiga hari.

Dalam “Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai hari hingga tanggal 10 November lusa. Pada hari terakhir (Minggu, red), sekaligus kami akan lakukan lounching desa binaan, di Dasan Cermen, Kota Mataram,” ujarnya.

Untuk lokasi pelaksanaan Kafegama Academy, alumni FEB UGM yang akrab disapa Andi itu mengatakan bahwa Ponpes Darul Qur’an dipilih sebagai lokasi kegiatan, karena Ponpes Darul Qur’an dipandang sesuai dengan kebutuhan kegiatan.

Dengan mengambil lokasi “Di ponpes ini, selain tersedianya peralatan yang dibutuhkan, juga ditunjang dengan media praktikum yakni lokasi percontohan UMKM,” katanya.

Baca Juga :  Kadis Kominfotik NTB : Tenaga Terampil Digital Kian Dibutuhkan

Selain Peserta Kafegama Academy, para peserta juga berasal dari mahasiswa tiga perguruan tinggi di Kota Mataram, tidak lupa pula melibatkan unsur generasi milennial di luar mahasiswa.

“Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dari mahasiswa Unram, UIN Mataram, UNU NTB, dan peserta umum,” ujarnya.

Ketua Umum Kafegama Cabang NTB Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M.Si. dalam arahannya saat membuka kegiatan mengungkapkan, Kafegama Academy tersebut sebagai bagian persembahan dari para alumni FEB UGM untuk masyarakat NTB.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak para pendamping UMKM dan BUMDes yang profesional, yang dimentori langsung oleh alumni FEB UGM dan para dosen yang ahli di bidangnya,” ungkapnya.

Hj. Putu Selly yang juga Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Provinsi NTB mengatakan, kegiatan tersebut juga dihajatkan untuk membentuk agen perubahan di NTB, dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca Juga :  Korem 162/WB Gelar Sosialisasi Pembinaan Wawasan Kebangsaan Siswa SMAN 1 Jonggat

“Agar anak-anak kita, adik-adik kita yang baru selesai kuliah S1 bisa menghadapi revolusi 4.0, dimana informasi komunikasi berbasis digital yang menjadi nomor satu,” katanya.

Ketua Harian Kafegama, Hj. Putu Selly juga menegaskan bahwa lokasi Ponpes Darul Qur’an dijadikan lokasi, karena selain fasilitas pendukung memadai juga terdapat pembelajaran mental bagi peserta.

“Mereka diinapkan di ponpes. Mereka di sini akan belajar bagaimana cara membuat tanaman hidroponik, karena Ponpes Darul Qur’an ini merupakan contoh dari ponpes yang mandiri secara ekonomi,” jelasnya.

Hasil akhir dari kegiatan Kafegama Academy tersebut, nantinya para peserta dapat menerapkannya di tengah-tengah masyarakat, untuk mendukung visi NTB Gemilang. Lebih-lebih di NTB sedang dibangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dan telah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal.

“Jadi, masyarakat yang tidak memiliki tanah atau lahan yang luas, jangan patah semangat. Mereka sudah bisa menanam dengan pola hidroponik, tidak membutuhkan lahan yang luas, tidak menggunakan pestisida, ini murah meriah dan perawatannya juga gampang,” terangnya.

Baca Juga :  FGD Tracer Study UIN Mataram 2023 Best Practice Pengelolaan TS Almuni berbasis Elektronik

Pimpinan Ponpes Darul Qur’an TGH. Halilussarby menyampaikan apresiasi tinggi, dengan dipilihnya Ponpes Darul Qur’an sebagai lokasi kegiatan Kafegama Academy,

“Alhamdulillah, telah diadakan pelatihan Kafegama Academy di Pondok Pesantren Darul Qur’an. Ini merupakan suatu hal yang sangat positif terutama bagi pondok kami, sehingga kami dapat belajar juga menimba ilmu dari Kafegama,” ungkap TGH. Halilussarby.

Demikian pula sebaliknya, lanjutnya, rekan-rekan mahasiswa juga dapat beradaptasi dengan lingkungan dan kehidupan pondok pesantren.

“Kami atas nama pimpinan pondok pesantren menyambut positif kegiatan ini, dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada Kafegama Provinsi Nusa Tenggara Barat, wabilkhusus kepada Ibu Hj. Selly yang telah memprakarsai kegiatan ini,” ungkapnya.

“Semoga para peserta nantinya bisa mengembangkan ilmu yang mereka terima di pelatihan Kafegama Academy ini,” tutup cucu Hadratusyeikh Almaghfurullah TGH. Moh. Shaleh Habali itu. Anr.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments