Fenomena ” Lauk Kawat ” Di Lombok Tengah

Ampenan News. Kesenjangan ekonomi dan pembangunan antar wilayah merupakan fenomena global yang sering terjadi di daerah. Bahkan masalah kesenjangan ekonomi, pembangunan dan kesejangan politik dibidang pemerintahan ini telah menjadi komoditi yang sangat pontensial memperburuk kondisi kesenjangan ekonomi dan pembangunan dalam suatu Daerah.

Kesenjangan ekonomi, pembangunan dan kesenjangan politik dibidang pemerintahan antar wilayah juga terjadi di Lombok tengah . Kesenjangan ini berkaitan dengan strategi pembangunan yang bertumpu pada aspek pertumbuhan ekonomi dan pembangunan pada satu Daerah tertentu.

Fenomena ini kemudian disebut “Lauk Kawat dan Dayen Kawat “ ( Selatan Kawat dan Utara Kawat ) dan ini merupakan rahasia umum yang selalu terdengar dari jaman era orde baru sampai zaman reformasi. Potensi ini bisa menyebakan komplik komunal yang menyebabkan eskalasi konflik kepentingan memanas, polarisasi politik dengan segera muncul seiring dengan peluang politik yang didapat.

Polarisasi politik ini menunjukkan peta perseteruan kekuasaan yang menentukan pada kontestasi kekuasaan lokal atau secara simultan juga berpengaruh pada dinamika kontestasi kekuasaan. Polarisasi politik tidak berjalan statis dan merupakan akhir, namun masih terus berkembang hingga kontestasi dalam arena demokrasi.

Kesenjangan sosial adalah keadaan yang tidak seimbang yang ada di masyarakat yang mengakibatkan perbedaan yang mencolok. Sedangkan kesenjangan ekonomi adalah sebuah keadaan ketimpangan penghasilan antara masyarakat Dayen (utara dan lauk kawat ( Selatan kawat )serta kesejangan peran politik dalam pemerintah. Kesenjangan ekonomi, kesenjangan social, kesenjangan politik pemerintah adalah masalah.

Akar permasalahan dari kesenjangan ini adalah tidak meratanya pendapatan, pembangunan di setiap wilayah Pendidikan masyarakat yang masih rendah, dengan tingkat pendidikan yang rendah akan sangat sulit untuk mengurangi permasalahan kesenjangan sosial maupun kesenjangan ekonomi serta keberpihakan pemerintah dalam pembagunan dalam suatu daerah. Al007

Pegiat media sosial Diqie Lanks

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Baca Juga :

Close