UIN Mataram Terima Penghargaan Peringkat Pertama Kategori Pengelola BLU Terbaik
Terjemahan

AmpenanNews. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menerima penghargaan peringkat pertama kategori pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) terbaik pada saat Agenda akademik Universitas Islam Negeri Mataram menghadiri undangan Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Anggaran Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2024, dengan agenda Peningkatan Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dan penyerahan piagam penghargaan Satuan Kerja terbaik untuk periode Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) provinsi Nusa Tenggara Barat. pada hari Senin, 29 April 2024

Ibu Ratih Hapsari Kusumawardani selaku kakanwil DJPb NTB menyampaikan pesan bahwa pengelolaan keuangan yang akuntable dan sesuai aturan agar menjadi komitmen bersama agar tidak melanggar peraturan perundang-undangan.

” Tugas DJPb membersamai bapak dan ibu dalam pengelolaan keuangan negara yang meliputi pelaporan, serapan, dan pembinaan akuntansi keuangan,” jelasnya.

Baca Juga :  Rektor UIN Mataram Teken Komitmen Penguatan Kapabilitas SPI

Sedangkan pemateri dari Direktorat Pelaksana Anggaran Pusat yang menyampaikan materinya via Zoom mengatakan bahwa IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN dan/atau Pengelola Fiskal untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kualitas perencanaan pelaksanaan anggaran, kualitas implementasi pelaksanaan anggaran, dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran.

Ia menjelaskan pula ruang lingkupnya meliputi (1) IKPA merupakan alat penilaian kinerja pelaksanaan anggaran belanja K/L atas pelaksanaan DIPA; dan (2) Penilaian kinerja pelaksanaan anggaran dilakukan secara periodik dengan memperhatikan aspek evaluasi dan perbaikan kinerja pelaksanaan anggaran yang transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan di bidang pelaksanaan anggaran.

Kemudian sasaran peningkatan kinerja dari pengukuran IKPA menurut pemateri atau narasumber pusat adalah (1) Meningkatkan kualitas perencanaan anggaran melalui pengendalian revisi DIPA pagu tetap secara triwulanan; (2) Meningkatkan akurasi/ketepatan realisasi pencairan dana per Jenis Belanja per bulan; (3) Mendorong akselerasi belanja berdasarkan trajektori pola penyerapan triwulanan per jenis belanja per triwulan; (4) Mendorong penyampaian data kontrak tepat waktu dan percepatan penyelesaian belanja kontraktual; (5) Mendorong percepatan pembayaran belanja kontraktual; (6) Mendorong percepatan pembayaran belanja kontraktual; (7) Meningkatkan ketepatan waktu pembayaran tagihan belanja dan mengurangi penumpukkan pencairan dana pada akhir tahun anggaran; dan (8) Mendorong partisipasi pelaporan dan akselerasi pencapaian output berkualitas.

Baca Juga :  Awal Tahun 2024 UIN Mataram Menambah Profesor

Kegiatan Rapat Kordinasi selanjutnya diakhiri dengan pengumuman para pengelola anggara terbaik. Dan terkait dengan pengelola Badan Layanan Umum (BLU) terbaik jatuh pada Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, dikuatkan dengan pemberian Piagam Penghargaan sebagai Peringkat pertama kategori Satker BLU dengan nilai KPA tertinggi Semester II tahun 2023. Piagam penghargaan diterima oleh Wakil Rektor II UIN Mataram (Prof. Dr. H. Maimun, M.Pd) bersama Kepala Biro AUPKK UIN Mataram (Drs. H. Subhi, M.Pd.I).

Kanwil DJPb mengucapkan terima kasih dan selamat kepada para pengelola anggaran terbaik termasuk kepada UIN Mataram seraya menghimbau agar lembaga atau satker yang belum menerima penghargaan agar mulai hari ini berkomiktmen untuk yang terbaik.

Baca Juga :  Pascasarjana UIN Mataram Sukses Gelar International Conference the 3rd GIC 2023

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments