Sosialisasi Sadar wisata dengan Judul “ Peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk Mencapai Pariwisata yang Unggul di Desa Aik Bukaq”
Terjemahan

Oleh Ketua KKN Insan Putri Rahmatin

Mahasiswa KKN PMD ( Pemberdayaan Masyarakat Desa) Universitas Mataram 2023-2024 Desa Aik Bukaq mengadakan sosialisasi dengan judul “ Peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk Mencapai Pariwisata yang unggul di Desa Aik Bukaq” yang bertempatkan di Aula Kantor Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Sosialisasi tersebut berlangsung pada hari Kamis, 25 Januari 2024 dengan narasumber dari Dinas Pariwisata Lombok Tengah bidang Sumber Daya Manusia. Dihadiri oleh Kepala Desa Aik Bukaq, Ketua POKDARWIS, Ketua Formasi, ketua-ketua Lembaga Kemasyarakatan Desa, serta perwakilan dari masing-masing dusun yang ada di Desa Aik Bukaq.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja dari KKN PMD Universitas Mataram Desa Aik Bukaq dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat dalam sektor pariwisata serta meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya peran mereka dalam menciptakan destinasi pariwisata berkembang secara berkelanjutan serta dapat memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat.

Baca Juga :  Lalu Iqbal Pulangkan PMI Asal Loteng yang Dipenjara 20 Tahun di Malaysia

Kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan sosialisasi namun terdapat diskusi yang mendalam antara narasumber dengan audiensi yang hadir. Pengembangan desa Aik Bukaq agar menjadi desa wisata yang unggul tidak hanya mengutamakan wisata alam sebagai objek utama, namun turut juga menghadirkan produk sebagai ciri khas desa Aik Bukaq.

Yang dimaksud dalam hal ini ialah bagaimana strategi yang dapat dikembangkan untuk menggalih potensi yang ada sehingga tidak bersifat monoton, sehingga Aik Bukaq bisa disebut sebagai desa wisata yang unggul. Untuk mengembangkan nilai ekonomi Aik Bukaq sendiri menurut penjelasan narasumber bapak Amir “desa perlu mengenali potensi untuk dijadikan suatu branding”.

Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pendukung untuk memperkenalkan lebih luas mengenai wisata yang ada di Aik Bukaq, baik wisata alam, kebudayaan maupun produk.

Baca Juga :  TAC dan FAKTA RI Ajak Gubernur NTB Trabas ke Pemoles

Dalam melaksanakan pemetaan awal untuk mencapai pariwisata yang unggul.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments