Terjemahan

Lombok Tengah – Calon DPRD Lombok Tengah Dapil 3 (Pujut, Praya Lombok) dari Partai Perindo, Lalu Hadimi mengadakan pelatihan pembuatan pakan ternak di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu (11/11/2023).

Pelatihan ini dilakukan melihat kondisi peternak di Desa Prabu yang mengalami kelangkaan pakan, terlebih lagi pada musim kemarau.

“Ini bentuk kepedulian kami, mengembangkan industri ternak ini jadi salah satu jalan untuk memperbaiki perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Pelatihan ini juga merupakan masukan dari anak-anak muda di Desa Prabu, yang siap menjadi peternak, namun membutuhkan tambahan ilmu terkait dengan pembuatan pakan ternak.

Oleh karenanya, Lalu Hadimi melalui LHD Center bersama kelompok pemuda PKSB desa prabu mendatangkan kelompok ternak berpengalaman dalam pembuatan pakan ternak, untuk memberikan edukasi kepada pemuda calon peternak di Desa Prabu.

Populasi sapi ternak di desa perabu mencapai 2000 ekor. Hal ini dapat menjadi potensi untuk penyuplai kebutuhan daging di hotel-hotel dikawasan mandalika.

Pada pelatihan ini, Lalu Hadimi mengungkapkan, para pemuda dilatih untuk memanfaatkan potensi limbah pertanian seperti jerami dan batang pohon jagung untuk dijadikan pakan ternak, dengan beberapa proses.

“Harapannya, pemuda dan masyarakat Desa Prabu dapat membuat pakan sapi secara mandiri melalui pengolahan pakan ternak ini, sehingga tidak kesulitan pagi dalam mencari pakan,” tuturnya.

Sebelumnya, untuk mendapatkan rumput sebagai pakan ternak, masyarakat Desa Prabu harus pergi nyabit ke daerah hijau seperti ke Lombok Timur dan Lombok Barat, biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan rumput sangat tinggi, tidak sebanding dengan harga sapi yang dipelihara oleh masyarakat.

Dengan adanya modifikasi pakan ternak seperti ini, akan mempermudah masyarakat dan menghemat biaya dalam menjalankan usaha ternak di Desa Prabu ini.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments