Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) menggelar Musakara Rea
Terjemahan

AmpenanNews. Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) menggelar Musakara Rea (Rapat Para Tokoh Adat Sumbawa), kegiatan ini berlangsung dari kemarin, tgl 28 hingga besok tgl 30 Oktober. Sumbawa (29/10/2022)

Dengan berbagai sajian dan atraksi pada festival kebudayaan ini ditampilkan juga ada pameran hasil UMKM Sumbawa bertempat di area Istana Dalam Loka.

Bersama itu pula, Gubernur NTB, Dr H. Zulkieflimansyah hadir pada kesempatan ini dan membuka secara resmi Musaka Rea, sebelumnya Bang Zul sapaan akrab Gubernur baru selesai memimpin apel Pemuda Pancasila di Desa Kelungkung lokasi 16 km ke selatan dari kantor Bupati Sumbawa.

Doktor Zul dalam sambutannya mengatakan bangga dan berterima kasih atas kebaikan dan keterbukaan Sultan Sumbawa yang biasa disebut Daeng (sebutan kehormatan bagi turunkan raja kesultanan Sumbawa).

Baca Juga :  Gubernur Paparkan Pembangunan Pariwisata NTB, di Bali

Doktor Zul berharap Kesultanan Sumbawa terus meneguhkan kembali nilai adat dan budaya Samawa dan bisa melihat masa depan.

“Saya nyakin dan percaya, Daeng akan dapat membawa kearifan lokal ini dan bisa meneguhkan kembali nilai adat dan budaya Samawa juga bisa melihat masa depan”, ucapnya yakin

Dalam pergaulan, lanjut Doktor Zul, global menuju masa depan bangsa yang maju dan berkelanjutan tentu bisa memanfaatkan teknologi dengan anak-anak SMK dan Universitas yang ada di Sumbawa untuk mengenalkan adat dan budaya Sumbawa yang luarbiasa ini.

Kesempatan yang sama, Ketua Panitia Musakara Rea, Syukri Rahmat menjelaskan, Musakara Rea, ini merupakan forum konsolidasi organisasi dan pertemuan para tokoh adat budaya dan agama di Sumbawa.

Baca Juga :  SE Gubernur, Pelabuhan Bangsal Intensifkan Pemeriksaan Kesehatan

Untuk pertemuan ini tentu akan membicarakan berbagai aspek, dari budaya hingga tatanan kehidupan sosial masyarakat Sumbawa dan tentunya untuk kebaikan dan keberlangsungan menjaga nilai-nilai budaya Sumbawa.

Pada akhir acara, Gubernur dipasangkan Sapuk (Ikat Kepala) oleh Daeng sebagai bentuk penghormatan dan kebanggaan pada seorang tokoh yang ikut melestarikan nilai budaya Sumbawa.

Turut hadir membersama Gubernur pada giat ini, Bapak Wirawan Asisten 3 dan Bapak Abdul Gani staf ahli gubernur dan beberapa pejabat penting lainnya dari Provinsi dan Kabupaten Sumbawa serta para tokoh adat kesultanan Sumbawa yang meramaikan acara Musaka Rea ini.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments