Supermon Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang, Ini waktunya

AmpenanNews. Supermoon, bisa dilihat dengan mata telanjang yang berarti bulan purnama terjadi saat bulan berada di titik terdekatnya dengan bumi, atau dikenal sebagai perigee, selama orbit.

Dari informasi yang kami peroleh Sturgeon Moon supermoon terakhir tahun 2022 ini bisa disaksikan selama dua hari berturut-turut, tepatnya sejak hari Kamis, 11 Agustus 2022, sekitar 20-30 menit sebelum matahari terbenam hingga Jumat, 12 Agustus 2022, sekitar 10-20 menit setelah matahari terbit.

Supermoon ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia dengan mata telanjang.

Mengapa supermoon kali istimewa dikarenakan Supermoon muncul lebih besar dan 16 persen lebih terang di langit daripada bulan purnama biasanya.

Supermoon ini juga terlihat disaat masih ada matahari di atas horizon.

Sedangkan dampak supermoon dapat terjadi titik pasang maksimal air laut dan masyarakat perlu waspada terhadap kenaikan muka air laut utamanya bagi masyarakat yang bermukim disekitar bibir pantai.

Apa kaitannya dengan dampak kegempaan di Provinsi NTB, belum ada aktivitas signifikan yang diakibatkan oleh Supermoon ini.

Seperti Kejadian Supermoon sebelum2nya juga tidak terjadi kenaikan signifikan terhadap kejadian gempabumi.

“Masyarakat diharapkan tetap tenang, waspada, dan pastikan mendapatkan informasi tentang kejadian gempabumi di Wilayah NTB dan sekitarnya melalui akun resmi BMKG dan media sosial kami di Instagram @infogempa_ntb, Fb dan Twitter Stasiun Geofisika Mataram,” Kata Ardianto Kepala BMKG Mataram.

 

Tags
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close