Bupati Lotim Bangga Desa Kumbang jadi Desa Percontohan Antikorupsi di Indonesia
Terjemahan

AmpenanNews. Bupati Kabupaten Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy, mengaku bangga atas terpilihnya Desa Kumbang Kecamatan Masbagik, terpilih menjadi satu dari sepuluh desa percontohan antikorupsi di Indonesia.

Perasaan bangga Bupati tersebut diutarakan pada saat melakukan rapat koordinasi secara virtual dengan seluruh kepala Desa dan Camat se-Lombok Timur, Senin (13/6/2022).

“Kumbang terpilih dari 23 desa yang ada di sepuluh Provinsi di Indonesia. Penilaian telah dilakukan sejak Februari lalu” ucapnya.

Masih kata Bupati, Sebagai desa percontohan tentu Kumbang dan Desa lainnya akan melalui beberapa tahapan.

Setelah melalui observasi, masyarakat di setiap Desa antikorupsi akan memgikuti bimbingan teknis (Bimtek). Untuk di Kumbang, bimtek berlangsung mulai Senin (13/6). Bimtek yang dilaksanakan dimaksudkan memberikan pengetahuan dan pemahaman upaya dan langkah-langkah yang dilakukan guna pemenuhan komponen dan indikator Desa antikorupsi.

Baca Juga :  Ketidakmampuan Kelompok Wanita Nelayan untuk Mengolah Hasil Laut di Labuhan Haji

“Desa antikorupsi harus memenuhi lima komponen dan 18 sub indikator. Lima komponen tersebut meliputi penguatan tata laksana, penguatan pengawasan, kualitas pelayanan publik, partisipasi publik, dan kearifan lokal” sebutnya.

Program Desa Antikorupsi ini merupakan kerja sama KPK RI dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) guna menekan potensi tindak pidana korupsi dalam pengelolaan Dana Desa (DD).

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments