DP3AP2KB Harapkan Partisipasi Perempuan Bidang Politik Meningkat
Terjemahan

AmpenanNews. Forum Group Discusion (FGD) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi NTB, diharapkan dalam pelaksanaannya bisa meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat, terutama calon legislatif dari kaum perempuan dapat mendorong peningkatan perempuan pada semua bidang pembangunan di NTB.

Negara memberikan perhatian khusus pada kaum perempuan terutama partisipasi bidang politik yang tertera pada UU nomor 7 tahun 2017 dengan memperhatikan keterwakilan perempuan 30 % dalam mengajukan calon anggota legislatif. Sehingga perempuan dalam berkiprah di parlemen lebih besar.

Maka sangat diperlukan komitmen bersama dalam meningkatkan peran perempuan dalam politik dan pembangunan.

“Dalam meningkatkan peranan perempuan itu kita berikan kesempatan diantaranya dengan meningkatkan kapasitas kebijakan publik dengan memberikan kesempatan yang sama bagi profesional agar lebih banyak berkiprah dalam kebijakan publik, terutama tugas dalam perspektif gender,” ungkap Muhaly Fikri saat membacakan sambutan ketua DPRD Hj. Isvie Rupaeda, SH., MH. pada acara FGD yang di gelar DP3AP2KB di Hotel Plaza Mataram, (28/10/2021).

Baca Juga :  TPA Kebon Kongok Tidak Terima Sampah Yang Belum Terpilah

Untuk itu, diharapkan dalam pelaksanaan FGD ini bisa meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat, terutama calon legislatif dari kaum perempuan dapat mendorong peningkatan perempuan pada semua bidang pembangunan di NTB.

Pada sebelumnya, Kepala DP3AP2KB Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM., menyebutkan permasalahan kesenjangan gender di NTB, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, hukum, politik lainnya menjadi topik menarik dalam kampanye politik. Sehingga diperlukan solusi oleh masyarakat luas.

“Maka dalam menjawab itu, diperlukan pengetahuan yang cukup luas bagi perempuan terkait regulasi dalam berbagai tematik, termasuk dalam meningkatkan kemampuannya dalam semua bidang. Sehingga partisipasi perempuan bidang politik kedepannya bisa meningkat,” ungkap Eny sapaan akrabnya.

Ditambahkan Eny, tak kalah pentingnya bagi perempuan dalam memahami Pengarusutamaan Gender (PUG) sebagai sebuah strategi pembangunan dengan tujuan mengurangi kesenjangan gender di NTB.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments