Pelatihan Budidaya Jamur Tiram oleh Karang Taruna Desa Penujak

AmpenanNews. Kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram ini diadakan atas dasar meningkatkan kegiatan dan memberikan edukasi kepada pemuda yang ada disetiap dusun di Desa Penujak, karena dalam pelatihan ini, disetiap Dusun memiliki masing masing  memiliki perwakilan.

Ahmad Mujitahid, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa setelah pelatihan ini selesai maka akan dibuatkan  4 kelompok, masing masing kelompok terdiri dari 5 orang.untuk mengelola budidaya jamur tiram yang sudah ada disediakan oleh pengurus karang taruna “Fajar Menyingsing” Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

” Dalam kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram ini, kami selaku panitia akan membagi peserta mempraktekkan dan menerapkan dimasing masing dusunnya m,enjadi 4 kelompok terlebih dahulu, dimasing masing kelompok terdiri dari 5 orang, ini merupakan kegiatan pemuda untuk terus berkarya di Desa kami” Tutur Mujitahid.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna “Fajar Menyingsing”, Lalu Gusman berharap, kegiatan taruna tani dalam pelatihan membudidaya jamur.tiram adalah kegiatan awal dari taruna tani dengan harapan supaya bisa berkembang.

” semua program yang sudah ada supaya di lanjutkan dan di tambahkan oleh pengurus mendatang, sehingga seluruh kegiatan pemuda yang ada di desa kami dapat dilaksanakan dengan baik” Harap Gusman di akhir jabatannya.

Antusiasme Kepala Desa Penujak Lalu Suharto, memberikan apresiasi kepada KTFM dalam melaksanakan pelatihan ini dan membentuk taruna tani..karena menurutnya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pemuda desa..

” setelah kegiatan ini., kami harapkan ada tindak lanjut supaya ada hasil dari kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram.karena banyak dari kegiatan yang hanya berjalan cuma sebentar..apalagi kita sebagai desa wisata maka hal ini bisa jadi bahan untuk menjamu tamu ketika berkunjung dan mencari kuliner..dikarenakan jamur ini bsa di buat menjadi berbagai macam jenis makan, mulai dari untuk konsumsi sebagai lauk pauk sampai membuat kripik yang dapat dikemas dengan baik.” Pungkasnya

Setelah pembentukan Taruna Tani ini, Kepala Desa Penujak bisa berkembang dan menjadi contoh untuk desa yang lain karena Desa Penujak merupakan pelopor terbentuknya Taruna Tani atas kepedulian Pemerintah desa terhadap Pemuda di era milenial ini..

” Kita akan buatkan SK resmi nantinya dari Pemerintah Desa untuk mendukung kegiatan Pemuda Tani ini dan semoga bermanfaat.” Tutup Kepala Desa Lalu Suharto.

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close