Rektor Unram Minta Parlemen Lakukan Diplomasi Bidang Pendidikan
Terjemahan

AmpenanNews. Rektor Unram minta agar Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI) untuk melakukan diplomasi di bidang pendidikan untuk mewujudkan SDM Indonesia yang unggul dan berdaya saing melalui implementasi kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum saat mengikuti kegiatan BKSAP Day bersama Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (BKSAP DPR RI) dan Gubernur NTB secara virtual, Selasa (8/6/2021) pagi.

“Salah satunya dengan pembukaan Program Studi (Prodi) baru,” ujar Rektor kesembilan Unram ini.

Prof. Husni menerangkan, sebuah Perguruan Tinggi Negeri akan diizinkan membuka Prodi baru secara otomatis jika Prodi yang ada sudah terakreditasi A atau B dan memiliki kerja sama dengan perusahaan kelas dunia, NGO kelas dunia, serta kerja sama dengan Universitas yang masuk dalam Top 100 berdasarkan QS World University Rankings.

Baca Juga :  Bantuan RKB Terdampak Gempabumi Tahun 2018 Tak Kunjung Datang

“Untuk mencapai itu semua dibutuhkan bantuan diplomasi parlemen,” tutur Guru Besar Ilmu Hukum Unram ini.

Lebih lanjut Prof. Husni menyampaikan, Prodi yang mendapatkan akreditasi internasional akan diberikan akreditasi A (unggul).

Prof. Husni mengakui bahwa tidak mudah bagi Perguruan Tinggi mewujudkan hal tersebut tanpa adanya bantuan diplomasi parlemen. Mengingat parlemen memiliki salah satu fungsi sebagai penyeimbang pemerintah (check and balances) dan menjadi sebuah keniscayaan untuk didengar oleh pemerintah.

“Demikian halnya dalam bidang diplomasi yang dilakukan oleh DPR/Parlemen,” sebutnya.

Sementara itu Wakil Ketua BKSAP DPR RI Dr. H. Mardani Ali Sera, M.Eng mengatakan BKSAP adalah salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Fungsi BKSAP sendiri adalah sebagai pihak kedua yang melakukan diplomasi. Mengingat diplomasi utamanya dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga :  RS Unram Kerjasama Pendeteksian Covid-19 dengan Indofarma

“Fungsi diplomasi yang dilakukan oleh BKSAP lebih fleksibel daripada diplomasi melalui eksekutif ke eksekutif, karena jumlah negara yang menggunakan sistem parlementer di dunia lebih banyak, maka jadi lebih fleksibel,” jelasnya.

Ia membeberkan alasan kedatangannya bersama rombongan ke NTB menggelar kegiatan selama tiga hari, tidak lain bertujuan untuk membangun komunikasi, koneksi, dan sinergi dengan daerah dalam rangka menjalin diplomasi dengan parlemen.

“Bukan cuma itu, kami ingin ada diplomasi soft power dalam bidang pendidikan dan pertukaran budaya,” tambahnya.

Ia sekaligus memaparkan kemampuan Universitas berpotensi mendukung diplomasi parlemen dan diplomasi pemerintah daerah, serta menguraikan tujuan utama kegiatan BKSAP Day ke berbagai Provinsi mau pun kunjungan Panitia Kerja (Panja) Indo-Pasifik adalah dalam rangka melihat potensi kampus untuk menjadi pusat unggulan komparatif di wilayahnya.

Baca Juga :  Wisuda Perdana S1 Pariwisata STP Mataram

“Contoh Pusat Kajian Pasifik Selatan di Universitas Hasanuddin menggali potensi, tantangan, dan peluang Kawasan Pasifik Selatan,” terangnya.

Selain Rektor Unram, turut hadir pula dalam kegiatan ini Rektor Universitas 45 Mataram dan Rektor Universitas Teknologi Sumbawa. Kunjungan kerja BKSAP ke Provinsi NTB sendiri dimulai sejak Senin-Rabu, (7-9/6/2021). (Forta)

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments