Pemkab Lotim Sambut Baik Program Power to You
Terjemahan

AmpenanNews. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) menyambut baik program Power to You (Th) yang berupaya mendorong anak perempuan dan perempuan muda terlibat secara aktif dalam proses-proses pencegahan dan pengambilan keputusan terkait praktik-praktik berbahaya bagi kesehatan reproduksi perempuan.

Program Power to You ini juga menjadi bagian dari salah satu misi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang dituangkan dalam RPJMD 2018-2023, dalam hal memperkuat pemberdayaan perempuan dalam pembangunan sosial, politik, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga dan perlindungan anak serta meningkatkan pembinaan kepemudaan dan olahraga.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik saat membuka kegiatan Sosialisasi Program Power to You yang berlangsung, Selasa (22/6), di Ruang Rapat Masjid kantor Bupati menunjukkan antusiasnya terhadap program tersebut.

Baca Juga :  Hj. Niken, Masyarakat Antusias Ikuti Posyandu Keluarga

Ia juga sangat menyambut baik pelibatan Camat dan Kepala Desa. Menurut Sekda, sinergisitas dan komunikasi yang baik diperlukan diperlukan dalam program ini, termasuk Pemerintah selaku stabilitator.

Lebih jauh Sekda menyampaikan, bahwa program pemberdayaan tidak menjadi mudah, utamanya di level bawah. Karena itulah pelibatan pemerintah Desa dan Kecamatan akan menentukan pula keberhasilan program.

Di sisi pemerintah desa, program pemberdayaan seperti Power to You dapat dilihat sebagai suplemen atau tambahan untuk mendukung kemajuan desa.

Sementara itu Koordinator Distrik program Power to You, Erna Wahyu Ningsih, pada kesempatan tersebut memaparkan, bahwa program ini berupaya mendorong anak perempuan dan perempuan muda terlibat secara aktif dalam proses-proses pencegahan dan pengambilan keputusan terkait praktik-praktik berbahaya bagi kesehatan reproduksi perempuan seperti perkawinan usia anak, kekerasan terhadap perempuan, dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Selama Covid-19, Baznas Lotim Salurkan Bantuan Miliaran Rupiah

Melalui program ini, diharapkan anak perempuan dan perempuan muda dapat terus menyuarakan hak kesehatan reproduksinya, dapat membuat pilihan-pilihan terbaik bagi masa depannya dan bebas dari praktik berbahaya dalam masyarakat yang adil.

Lombok Timur disepakati menjadi lokasi pelaksanaan program dengan fokus di 2 kecamatan yaitu, Kecamatan Sakra Timur dan Kecamatan Jerowaru. Program ini akan berlangsung selama lima tahun kedepan.

Dalam kegiatan Sosialisasi program Power to You tersebut, juga diisi beberqpa pemaparan dari Kepala Dinas DP3AKB Lombok Timur dan dihadiri Staf khusus Bupati bidang Kesehatan, perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Bappeda, Camat dan Desa intervensi, unit PPA Polres Lombok Timur, Kodim 1615 Lombok Timur, serta LPA Lombok Timur.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments