Terjemahan

AmpenanNews. Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya yang tercatat dan teranalisa oleh Stasiun Geofisika Mataram pada Periode 5 – 12 Juni 2020.

Telah terjadi gempabumi sebanyak 113 kejadian yang didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo < 3.0 dan kedalaman dangkal < 60 Km.

Dari 113 kejadian tersebut, terdapat 1 gempabumi yang dirasakan di pulau Lombok.

Kejadian gempabumi terasa yang dirasakan di Pulau Lombok, terjadi sebanyak 1 kejadian pada tanggal 10 Juni 2020 yang dirasakan di wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur dengan Intensitas II – III MMI .

Gempabumi yang dirasakan di Wilayah Pulau Lombok tersebut merupakan gempabumi dangkal dengan kedalaman <60 Km.

Analisa gempabumi di wilayah NTB dan sekitarnya Periode 5 – 12 Juni 2020 dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu gempabumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian dan kedalaman tiap kejadian gempabumi.

Baca Juga :  Perubahan Sistem Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Berdasarkan Frekuensi Kejadian Gempabumi pada Minggu Kelima Periode 5 – 12 Juni 2020, terlihat kejadian gempabumi terbanyak pada tanggal 11 Juni 2020, sejumlah 27 kejadian.

Berdasarkan besar magnitudonya gempa dengan M < 3 sebanyak 72 kejadian, gempa dengan 3 ≤ M ≤ 5 sebanyak 41 kejadian dan tidak terdapat kejadian untuk gempa dengan M > 5.

Berdasarkan kedalaman gempabumi gempabumi dengan kedalaman < 60 km, sebanyak 102 kejadian, gempabumi dengan 60 km ≤ D ≤ 300 km sebanyak 11 gempabumi dan tidak terdapat kejadian gempabumi dengan kedalaman > 300 Km.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

” Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. ” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si melalui siaran tertulisnya kepada media AN.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments