Terjemahan

AmpenanNews. Kejadian dan Parameter Gempabumi pada hari minggu, 12 Januari 2020 pukul 17.59.30 WITA, wilayah Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,3. Episenter terletak pada koordinat 9,12 LS dan 115,84 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 58 km barat daya Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 90 km.

Gempabumi Dirasakan Di Kabupaten Lombok Utara
Gempabumi Dirasakan Di Kabupaten Lombok Tengah
Gempabumi Dirasakan Di Kabupaten Sumbawa

Jenis dan Mekanisme Gempabumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga :  Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Kembali Diperkuat di Lotim
Gempa Mag:4.3, 12-Jan-20 16:59:30 WIB, Lok:9.12 LS,115.84 BT (58 km BaratDaya LOMBOKBARAT-NTB), Kedlmn:90 Km, dirasakan di Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah II-III MMI, Kuta II MMI ::BMKG-PGR III  Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah III MMI *(Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)dan Kuta II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung.

Hingga pukul 18.20 WITA, hasil monitoring BMKG Stasiun Geofisika Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat  belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan.

” Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.” Kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi di WAG BMKG. An007.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments