Sumpah Pemuda Ke 91 Pemuda Harus Memiliki Inovasi Agar Mampu Berperan


Ampenan News. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur gelar upacara Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tingkat Kabupaten Lombok Timur tahun 2019, dengan tema “Bersatu Kita Maju” upacara dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lombok Timur, Senin (28/10). Selaku Inspektur upacara Wakil Bupati Lombok Timur H. L. Rumaksi. SJ.SH diikuti peserta upacara dari TNI, Polri, Karyawan dan Karyawati Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemda Lombok Timur, Pramuka, Pemuda, Mahasiswa, serta Organisasi Wanita.

Selain itu Hadir pada upacara tersebut Forkopimda, Kepala Kantor Kementrian Agama, Kepala Kantor Pengadilan Agama, Kepala Dinas dan Badan Lingkup Pemda Lotim, Para Assisten, Staf Ahli dan Kabbag Pada Sekretariat Daerah Kab. Lombok Timur.

Dalam Amanatnya, Menteri Pemuda dan Olah Raga RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, menyatakan ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara. Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah Internasional.

Tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola fikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik.

Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif.

Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Upacara yang dimeriahkan dengan kehadiran pemuda dan pemudi berpakaian Nusantara tersebut, kemudian diakhiri dengan ramah tamah serta foto bersama, dengan Wakil Bupati Lombok Timur beserta unsur Forkopimda Kabupaten.Lombok Timur. An001.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close