Terjemahan

Ampenan News. Pada dasarian III September 2019 umumnya tidak terjadi hujan di seluruh wilayah NTB, kecuali sebagian kecil wilayah Lombok bagian Tengah sebagian kecil di Dompu. Sifat hujan pada dasarian III September 2019 umumnya Bawah Normal kecuali sebagian kecil wilayah Sumbawa Barat dengan kategori Normal dan Sebagian Bima, Dompu dengan kategori Atas Normal .
Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) umumnya dalam Menengah (11-20 hari) hingga Kekeringan Ekstrem (>60 hari). HTH terpanjang terpantau di Pos Hujan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat sepanjang 169 hari.

Dasarian lll

KONDISI DINAMIKA ATMOSFER
ENSO saat ini berada pada kondisi Netral, sementara itu kondisi Suhu Muka Laut di sekitar perairan NTB menunjukan kondisi lebih dingin dibandingkan dengan normalnya. Analisis angin menunjukkan angin Timuran masih mendominasi di wilayah Indonesia. Pergerakan Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini tidak aktif di wilayah Indonesia. Kondisi tersebut mengurangi peluang terjadinya hujan di wilayah NTB.

Baca Juga :  Polres Loteng Gelorakan "Germas" di Daerah Wisata

PROBABILITAS CURAH HUJAN DASARIAN I OKTOBER 2019 – DASARIAN I NOVEMBER 2019*
Peluang terjadinya hujan > 50 mm/dasarian pada dasarian I Oktober 2019 sangat rendah, dan peluang terjadi hujan <20 mm/dasarian umumnya lebih dari 90 % di seluruh wilayah NTB diprakirakan sampai dasarian III bulan Oktober 2019, dan pada dasarian I November 2019 peluang terjadinga hujan <20 mm/dasarian umumnya lebih dari 60 – 80 % di wilayah NTB.

PERINGATAN DINI KEKERINGAN*
Peringatan Dini Kekeringan Provinsi NTB Update 30 September 2019
Waspada Potensi Kekeringan di daerah dengan Hari Tanpa Hujan >60 hari untuk sebagian besar wilayah Pulau Sumbawa, Bima dan beberapa wilayah Lombok Barat bagian Selatan dan Lombok Timur bagian Selatan.

Baca Juga :  Diskominfotik NTB Akan Perkuat Jaringan Telekomunikasi Dukung Beroperasi Incenerator LB3 Lemer

DAMPAK
NTB masih berada di periode musim kemarau, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati – hati terhadap dampak yang ditimbulkan pada musim kemarau seperti kekeringan, kekurangan ketersediaan air bersih dan potensi kebakaran lahan di sebagian besar wilayah NTB, khususnya di daerah – daerah rawan kekeringan dan daerah dengan HTH >60 hari.

” Info lebih lanjut mengenai Informasi Iklim di Provinsi Nusa Tenggara Barat silahkan menghubungi BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat Telepon 0370-674134 dan fax 0370-674135, Whatsapp : 081917465601 Website: iklim.ntb.bmkg.go.id ” kata Dewo Sulistio Adi W.BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat dalam rilisnya

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments