DIVEABLE Menyelam Untuk Semua

Ampenan News. Hak setiap orang memiliki berwisata yang sama, untuk itu tempat wisata harus bisa dinikmati oleh siapapun juga.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang 2/3 wilayah nya adalah air. Hal ini merupakan potensi wisata yang besar.

DIVEABLE dengan banyak pihak ingin mengkampanyekan kesetaraan berwisata khususnya di bawah air.

Beberapa pihak yang ikut aktif berkontribusi dalam acara ini adalah Pemerintah desa Malaka dan hotel Holiday Resort sebagai penyedia venue acara, Endri Foundation dan Lombok Disability Centre, dive centre dan para dive pro yang berperan aktif untuk mendampingi para peserta selam.

Para dive pro yang berperan aktif untuk mendampingi para peserta selam

Mengapa diving? Olahraga menyelam dipilih karena meskipun olahraga ini terbilang cukup ekstrim namun dengan pendampingan dari professional instructor, olahraga ekstrim ini tetap bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk penyandang disabilitas.

Dalam event DIVEABLE ini, ada beberapa ragam yang ikut menyelam seperti paraplegy, amputasi dan polio.

Olahraga ekstrim ini tetap bisa dilakukan oleh siapa

Meskipun kegiatan menyelam ini memungkinkan untuk dilakukan oleh para penyandang disabilitas, namun banyak sekali hal-hal teknis yang disiapkan sesuai dengan standard diving yang berlaku secara internasional sehingga kegiatan ini aman.

Hal-hal teknis yang dilakukan untuk mendukung acara ini diantaranya menyiapkan peralatan selam yang disesuaikan untuk setiap peserta selam, memberikan informasi lengkap mengenai cara pemakaian alat selam dan pendampingan oleh professional instructor yang khusus menangani diving untuk penyandang disabilitas.

Tidak hanya menyelam, para penyandang disabilitas ini juga akan mendapatkan pelatihan fotografi gratis oleh Arbain Rambey, salah satu senior fotografer Indonesia yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya.

Professional instructor yang khusus menangani diving untuk penyandang disabilitas

Selain untuk mengkampanyekan barrier free tourism, diharapkan dengan terselenggaranya acara ini mampu memperkenalkan wisata bawah air kepada semua orang terutama kepada para penyandang disabilitas.

Dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan sehingga kita semakin sadar akan hak berwisata bagi semua orang dan berlomba-lomba untuk berkontribusi mewujudkan kesetaraan bagi semua khususnya dalam bidang pariwisata.

Lebih jauh, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong pariwisata bawah laut sehingga masyarakat semakin peduli menjaga kelestarian laut Indonesia.

Lets break the barrier with bubbles DIVEABLE INDONESIA. @L007.

Bagikan :

avatar

Baca Juga :

Close